Festival

Inilah Negara-Negara dengan Festival Terbesar di Dunia

207views

Setiap negara di dunia memiliki banyak acara dan festival seru setiap tahunnya. Beragam tema di tampilkan dengan keunikan dari negara masing-masing.

Adanya gelaran festival atau karnaval atau atraksi lainnya di sebuah negara menjadi daya tarik  tersendiri bagi para pengunjung dan wisatawan yang hadir. Nah, inilah beberapa negara yang memiliki festival terbesar didunia:

Brazil, Rio Carnival

Karnaval di Kota Rio de Janeiro disaksikan jutaan orang. Sumber foto

Pertama adalah Rio Carnival, salah satu festival terbesar di dunia yang diadakan di Kota Rio de Janeiro, Brazil. Festival tahunan ini selalu berhasil mendatangkan jutaan orang dari seluruh dunia untuk ikut berpesta di tengah jalanan kota.

Selain itu, festival ini juga merupakan salah satu festival tertua yang masih berlangsung hingga sekarang. Tercatat Rio Carnival mulai diadakan sejak tahun 1723. Dalam gelaran setiap tahunnya, ribuan orang ikut serta dalam festival ini membawakan tarian, musik, kostum-kostum dan masih banyak lagi.

Ternyata, meskipun terlihat sangat menyenangkan festival ini merupakan kontes yang tak kurang diikuti ribuan peserta dari sekolah-sekolah di seluruh penjuru Brazil.

China, Harbin Ice and Snow Festival

Bangunan raksasa yang terbuat dari es di Hariban Ice and Snow Fest . Sumber foto

Harbin Ice and Snow Festival adalah salah satu festival yang wajib kamu kunjungi sekali seumur hidup! Pada tahun 2014 festival ini berhasil endatangkan 28,5 juta pengunjung.

Festival ini merupakan salah satu festival es terbesar di dunia yang diadakan di Kota Harbin, China. Acara ini biasanya berlangsung selama hampir 2 bulan penuh mulai dari januari hingga febuari.

Di festival ini kalian akan melihat pahatan es super megah dengan lampu warna-warni di malam hari. Dalam Harbin Ice and Snow Festival yang diadakan setiap tahun akan ditampilkan 3 zona berbeda, yaitu Sun Island Park yang menampilkan tokoh-tokoh dunia dari salju, Taman Zhaolin, menampilkan seniman patung es kelas dunia dan Ice & Snow World yang menampilkan taman dengan replika ikon-ikon negara di seluruh dunia.

India, Holi Festival

Taburan bubuk berwarna-warni penuhi Holi Festival. Sumber foto

Holi Festival atau juga disebut dengan “festival of colours” dan “festival of love” merupakan upacara keagamaan Hindu yang menjadi salah satu magnet utama wisatawan berkunjung ke India.

Festival ini biasanya diadakan pada awal musim semi, bulan febuari atau maret dan berlangsung selama dua atau tiga hari. Dalam kalender Hindu, Holi sebagai suatu peraturan jatuh pada bulan purnama.

Holi Festival diawal dengan bakar stupa dan berdoa yang dilakukan para umat Hindu, dan keesokan harinya barulah dimulai “perang” bubuk pewarna, cat air dan lumpur yang membuat seluruh kota dan orang-orang nya berubah menjadi penuh warna.

Jepang, Sapporo Snow Festival

Berbagai bentuk pahatan es ditampilkan dalam Sapporo Snow Festival. Sumber foto

Serupa dengan Harbin Ice and Snow Festival, di Jepang juga ada festival yang memamerkan pahatan es dengan berbagai macam bentuk dalam gelaran Sapporo Snow Festival.

Festival ini telah berlangsung sejak tahun 1950 dan diadakan di Kota Sapporo, Jepang. Sapporo Snow Festival ini juga merupakan salah satu festival es terbesar di dunia, dengan menghadirkan tidak kurang jutaan pengunjung setiap tahunnya.

Dalam festival yang diadakan di bulan Febuari ini, tidak hanya menampilkan patung-patung es tetapi menyuguhkan berbagai kegiatan seperti perlombaan Snow Board, pertunjukan musik dengan panggun dari es dan kontes pahatan es yang diikuti oleh berbagai negara.

Jerman, Oktoberfest

Ribuan orang padati event terbesar di Jerman, Oktoberfest. Sumber foto

Selanjutnya adalah festival dari negara Jerman yakni Oktoberfest. Festival ini awalnya adalah sebuah pernikahan antara Pangeran Ludwig dan Puteri Therese pada tanggal 12 Oktober 1810, yang saat itu mengundang selutuh orang di kota untuk ikut berpesta.

Hingga sekarang, Oktoberfest menjadi salah satu festival terbesar yang menarik perhatian jutaan orang untuk datang ke Bavaria, Jerman. Festival ini di gelar selama 16 hari berturut-turut di bulan Oktober, dengan dibuka oleh walikota Munich.

Oktoberfest ini identik dengan sajian bir dalam julmah sangat besar, salah satu fitur khas nya adalah bir berwarna gelap yang disebut Maß, yang secara tradisional disajikan dalam wadah berukuran satu liter.

Thailand, Songkran Water Festival

Festival perang air terbesar di Thailand. Sumber foto

Selanjutnya adalah Songkran Water Festival, salah satu acara terbesar di Thailand yang dilangsungkan di hampir seluruh wilayah. Mulai ujung Utara hingga ujung Selatan Thailand.

Acara Songkran sendiri merupakan perang air yang dilakukan dengan aksi menyiramkan air ke seluruh orang dan tempat. Songkran Water Festival ini diadakan sebagai penanda tahun baru berdasarkan perhitungan kalender matahari. Dengan filosofi air yang disiramkan menjadi tanda penghapusan hal hal buruk di tahun yang baru.

Saat ini, festival perang air ini tidak hanya populer dan ditunggu-tunggu masyarakat Thailand, tetapi juga menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung dari luar negeri. Salah satunya warga Indonesia.

Spanyol, La Tomatina

Festival “berdarah” lempar tomat terbesar di Spanyol. Sumber foto

La Tomatina atau pesta tomat merupakan festival yang sudah menjadi tradisi di Spanyol sejak tahun 1944, ini merupakan salah satu festival terbesar di dunia yang diikuti oleh puluhan ribu orang dari berbagai negara.

Dalam festival ini, seluruh peserta akan melempar tomat-tomat yang sudah disediakan ke segala arah. Tidak tanggung-tanggung sebanyak 150 ton tomat dihadirkan, dan langsung habis dalam waktu satu jam!

Festival ini menjadi lirikan dunia karena keunikannya, tidak ada yang tahu pasti asal muasal acara ini tetapi hingga sekarang La Tomatina menjadi event tahunan yang dinanti di seluruh dunia.

Leave a Response