Kuliner

HomeRegionalSemarang Legenda Asal Mula Getuk Goreng Sokaraja

190views

ada masa lalu, Sokaraja hanya dikenal karena dua hal, Soto Sokaraja dan galeri lukisan realis naturalis Indonesia molek, alias Mooi Indie. Bahkan, galeri lukis Sokaraja disebut sebagai yang terpanjang di Asia Tenggara.

Namun, itu dulu, pada masa kejayaannya, setelah kemerdekaan hingga akhir 1970-an. Pada akhir 1980-an, galeri untuk seniman-seniman realis naturalis itu mulai nyaris tinggal nama.

Entah mengapa, perlahan, galeri yang tadinya moncer dan menjadi buruan wisatawan Eropa itu lenyap, nyaris tak berbekas.

Kini, sepanjang Jalan Raya Sokaraja justru ramai dikunjungi wisatawan karena kuliner khasnya. Mereka rela memadati sebuah ruko meski penuh sesak untuk mencicipi getuk goreng. Berawal dari sebuah gerai, kini merek getuk goreng Sokaraja sudah mendunia.

Banyak pengusaha getuk dari berbagai daerah mencatut nama Sokaraja untuk merek dagangnya. Merek getuk goreng nan legendaris itu mewabah ke mana-mana, mulai sudut jalanan rusak kelas kota kecamatan di Cilacap, hingga jalanan padat Bandung.

Bahkan, di Brebes, yang kadung dicap sebagai kota telur asin pun, berdiri gerai getuk goreng Sokaraja. Perlahan tapi pasti, kuliner khas ini diakui sebagai kekayaan budaya Indonesia.

Kabar baik, getuk goreng Sokaraja ini bakal ditetapkan sebagai warisan budaya nasional bukan benda (intangible) oleh Direktorat Internalisasi Nilai dan Diplomasi Budaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI.

Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pemuda dan Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Banyumas, Deskart Sotyo Jatmiko mengatakan, penghargaan tersebut diserahkan pada 4 Oktober 2017 di Jakarta. Hal ini membuat bangga warga Banyumas.

“Getuk goreng adalah salah satu oleh-oleh yang banyak dicari wisatawan. Sokaraja, adalah daerah asal kuliner ini,” Deskart menerangkan, Jumat, 29 September 2017.

Dia menjelaskan, kuliner khas Banyumas ini diusulkan sebagai warisan budaya tak benda lantaran teknologi pembuatannya yang dianggap merupakan bagian dari budaya asli Indonesia.

 

Leave a Response